Keunggulan

KEUNGGULAN D-III AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN UNS
D-III Agribisnis Hortikulktura Faperta UNS mempunyai keunggulan:
Menghasilkan lulusan yang siap berwirausaha dibidang pertanian secara berkelanjutan: A. Lulusan dengan etos kerja tinggi. B. Adaptik dengan lapangan kerja bidang agribisnis pertanian.
Alumni diharapkan tidak mencari kerja tetapi siap untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dibidang hortikulktura. Hal itu didukung oleh :
1. Tenaga dosen yang mempunyai kualifikasi semua berpendidikan S-2,
2. Dua(2) dosen sedang studi lanjut S-3
3. 41 % dosen masuk kategori usia produktif dengan umur kurang dari 45 th
4. Telah didaftarkan Tiga (3) patent oleh dosen di D-III Agribisnis baik produk maupun teknologinya dan didaftarkan Empat (4) judul buku hak cipta.
5. D-III Agribisnis berada Ex Karisidenan Surakarta merupakan daerah yang mempunyai komoditas unggulan daerah yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan usaha di bidang hortikultura, seperti daerah Boyolali dengan pisang kepoknya, Tawangmangu dengan jeruk dan pisang ambonnya, Matesih dengan berbagai tanaman buahnya: seperti durian, manggis, duku.
6. Dekat dengan BPTO yang mempunyai banyak koleksi tanaman khasiat obat dapat sebagai pendukung pengembangan agribisnis tanaman obat disamping kita mempunyai Nguter sebagai pusat jamu gendong sangat mendukung agrofarmaka yang merupakan satu-satunya di Indonesia.
7. UNS mempunyai PPKWU dan di Agronomi mempunyai unit kegiatan/usaha sebagai sarana untuk mendukung kemampuan mahasiswa berwirausaha sesuai minat dsan bakatnya yang meliputi: Unit kegiatan Tanaman hias yang mencakup rental tanaman dan tata taman, UKG tanaman berkhasiat obat; UKG hidroponik dan vertikultur, UKG Klinik tanaman, ekperimental farm.
8. Alumni siap berwirausaha disiapkan dengan program Magang dan Tugas Akhir dimana mahasiswa akan dapat lulus kalau sudah menyelesaikan Magang dan Tugas Akhir dengan membuat rencana bisnis serta mampu mengimplementasikannya secara riil untuk berbisnis sesuai dengan pilihannya. Hal itu dapat diteruskan kalau mahasiswa sudah lulus dari hasil rintisannya tersebut.
9. Dari hasil survey menunjukkan bahwa kita 17 % melakukan wirausaha dan 15 % pernah berwirausaha,dan dari tahun etahun menunjukkan trend yang meningkat. Hal itu sesuai dengan visi misi Program D-III Agrbisnis, Fakultas dan Universitas.